Wednesday, November 28, 2012

Wednesday, November 21, 2012

[Review] Kata Hati~Sebutlah itu Cinta

 
 

Tepatnya kemarin sore. Habis Sholat maghrib gue langsung ke kamar ngecek-ngecek hape, tiba-tiba denger suara bel. Hmm.. gue pikir itu pasti tamunya ibu. Kebanyakan tamu yang datang kerumah kan tamunya ibu.. dan gue pun manggil ibu buat bukain pintu, tapi kelamaan dan akhirnya guelah yang bukain itu pintu. Pas diluar hujan, gelap dan gak dinyana, gak disangka ternyata ada mas kurir nongol depan rumah. Langsung gue tanyain aja nyari siapa.
Terus mas kurir bilang "Apa bener ini rumahnya mbak Catur Tri Hidayati Muharrom?"
gue jawab aja " iyaaa pak, itu saya"
Si pak kurir bilang lagi " ini ada kiriman mbak "
Gak usah tanya-tanya lagi gue samber tuh kiriman. Haaaah.. ternyata dari bukabuku.com
Akhirnya penantian gue berakhir juga, setelah di PHPin selama kurang lebih 3 hari ini buku nyampe juga kerumah dengan selamat tanpa halangan apapun.
Dan langsung aja bilang terimakasih sama mas kurir, terus lari ke kamar.

Namanya : Kata Hati~Sebutlah itu Cinta
Karya seorang pujangga muda Bernard Batubara yang kelar nyelesain novelnya dengan sukses tanpa rekayasa.
Novel ini juga akan segera diangkat ke layar lebar.
 
Ini tentang kisah kehilangan,
ketika kau mendapati separuh hatimu kosong dan merapuh.
Atas nama ketidakpercayaan,
kita telah saling mengucapkan selamat tinggal.
 
Ketika tak ada lagi yang bisa kau percaya, ikuti kata hati.
Begitu seharusnya, bukan?
 
Dan, hati ini membawaku kembali kepadamu.
Tapi, kau tak lagi berada di tempat kita dahulu.
Apakah kau telah menemukan separuh hati lain-selain hatiku?

Bercerita tentang seorang cowok bernama Randi yang telah lima tahun menjalin hubungan bersama Dera. Namun akhirnya kandas, karena sebuah kepercayaan telah di salah gunakan. Dera dengan parasnya yang cantik, seorang agresif, tergoda dengan tawaran cinta seorang yang lain.
Selingkuh. Kalimat yang sulit untuk didengar namun indah saat di praktekan.

Namun, itu masa lalu Randi. Masa lalu tak seharusnya kembali dan memang tak sepantasnya kembali. Sesuatu yang dibuang adalah sesuatu yang tak lagi berguna. Banyak hal bisa didaur ulang, namun itu bukan cinta.
Sebuah cinta memang tak pernah berjalan mulus. Semakin panjang, semakin sulit pula menjaganya agar tak tumbang dihajar angin kencang, atau jatuh tersandung kerikil.

Randi sering ke Djendelo coffie tempat biasa ia menghabiskan waktu bersama Dera. Disana pula ia menikamti setiap momen-momen terindah bersama Dera. Dan sekarang Randi masih sering ke tempat itu, mengenang apapun tentang Dera. Seorang sahabatnya pernah mengatakan bahwa jika dia benar-benar hendak melihat kebelakang, harusnya bukan hanya hal indah saja yang tersangkut di mata, tetapi juga kesalahan-kesalahan yang tak mungkin ia lupa.

Ditengah ke galauannya tak bisa melupakan Dera, muncullah seorang gadis bernama Fila. Seorang cewek yang hobi Fotografi, sama seperti Randi. Tetapi Randi tak pernah bilang bahwa dia juga menyukai Fotografi. Setiap hari dia lalui dengan bercanda bersama Fila. Sedikit demi sedikit luka yang ditinggalkan Dera mulai terawat dengan keberadaan Fila disisinya. Friend Zoned memang tak pernah mengenal tempat dan waktu. Fila yang lama kelamaan merasa nyaman di samping Randi, tetapi dia tak pernah berani mengungkapkan isi hatinya. Bagi dia cinta semacam guilty pleasure, orang benci, tetapi tak ada satu pun yang bisa menghindarinya.

Jatuh cinta itu indah, kalau kamu bisa bilang ke orang yang kamu cintai bahwa kamu cinta dia, kalau kamu nggak perlu merasa takut untuk bilang tentang perasaan kamu ke orang itu, kalau kamu nggak perlu menyimpan sendiri perasaan kamu. Dan kalau kamu nggak perlu menunggu terlalu lama untuk mengeluarkannya.
Namun, lebih baik menerima kenyataanpahit bahwa dia nggak memiliki rasa yang sama seperti kamu, dari pada akhirnya kamu kehilangan dia tanpa pernah dia tahu bahwa kamu perasaan untuk dia.

Seiring berjalannya waktu mereka berdua telah melewatkan waktu bersama tanpa pernah mengetahui perasaan masing-masing. Dan seiring berjalannya waktu Dera yang menjadi masa lalu Randi tiba-tiba muncul disaat hati  Randi yang mulai sembuh dari luka.
Dera akhirnya sadar bahwa yang dia butuhkan adalah Randi. Yang mencintai dia apa adanya dan sepenuhnya. Namun masa lalu yang menyapa memang tak perlu disambut meriah, mereka sudah mendapatkan kesempatannya dahulu.
Fila memilih untuk berdiam di zona aman hatinya, untuk kemudian menyadari bahwa ia telah kehilangan segalanya.

Jeng..jeng..jeng.. dan siapakah yang akhirnya mengisi hati Randi selanjutnya?
Siapakah yang berhasil menyembuhkan luka hati Randi?
Jawabannya...............
Silahkan cari di toko buku terdekat. Muehehehehehe...

Read More

Friday, November 16, 2012

kamu


Aku mengenangmu, bukan mengingatmu
Karena dalam benakku, kamu akan selalu muncul
Mustahil untukku mengatakan..
Aku melupakanmu
Aku hanya menahan desiran
Desiran perasaan yang tak mampu aku hilangkan
Dan juga tak mampu aku katakan
Read More

Tuesday, November 13, 2012

Finger Tuttingan yukk !!

Finger tutting apa sih?
Nih ya.. yang pada nggak tahu, aku kasih tahu deh.. akunya kan baik dan nggak sombong juga suka berbagi ilmu dong..
Finger Tutting itu minuman yang bisa bikin kadar kejombloan kalian berkurang, alias cepet laku.
Harganya murah.. cuma Rp. 5.000 doang, dari pada buat beli pulsa yang cuma dipake ngenet sehari abis, karna buat ngestalking, mending kan buat beli ini udah nggak bikin haus karna abis nguntitin si kunti yang bermesraan sama genderuwo dan juga kamu bisa pamer status baru sama mereka, nggak cuma mereka aja yang bisa berpasangan, kamu juga bisa. Ya nggak mblo..

Oke.. penjelasan, uraian diatas lupakan saja. Karna itu hanyalah ekspetasi sesaat yang muncul di saat waktu-waktu si jomblo mulai kronis. Disaat daya imajinasi yang menguap membesar dan kerealistisan yang menyusut.

Nih ya.. Finger Tutting itu jenis tari yang menggunakan jari sehingga membentuk tarian yang indah. Jangan bayangkan seperti tarian salsa atau jaipong ataupun reog.
Kalo kamu bisa nih ya.. pasti keren deh.. kadar kejombloan kamu juga berangsur-angsur pasti berkurang.

Yang belum pernah liat atau belum tahu boleh nih liat contoh



Pernah liat iklan corneto? Disitu juga ada tuh.. si cowok maenin topping coklatnya di jari sambil si jari menari-nari.. Belum pernah liat karna gak ada tv? atau listrik dirumah kamu mati terus?
Kasian.. Boleh deh liat disini

Read More

Tuesday, November 6, 2012

Menulis itu Gampang !

Menulis itu memang nggak gampang, butuh daya imajinasi yang kuat juga improvisasi disetiap karakter dan situasi yang akan ditulis, sehingga para pembaca juga ikut terhanyut dalam sebuah cerita didalamnya. Tidak hanya itu, sebuah tema dan alur juga mendukung keberhasilan setiap tulisan kita.
Sebelum memikirkan itu semua, apa kamu pernah coba-coba untuk menulis? entah itu sebuah cerpen ataupun novel?
Suatu hari kamu punya ide untuk buat cerita, terus kamu mencoba menuangkannya dalam sebuah tulisan dan kamu akhirnya menulis. Menulis dan menulis sesuai apa yang ada dipikiran kamu, tapi ternyata di tengah-tengah kamu berhenti, karena kamu nggak ada mood dan juga udah bingung gimana kelanjutan ceritanya. Nah.. kalau sampai seperti ini, maka tulisan kamu nggak bakal selesai. Mau nunggu sampai kapan? Menunggu mood kamu kembali? Tapi kamu nggak tau kan mood kamu kembalinya kapan. Mungkin bisa sebulan, setahun atau malah beberapa tahun.
Tadi pagi, aku men-stalk sebuah timeline twitter seorang penulis.
Dia udah menulis banyak buku, dan tulisan-tulisannya banyak di publikasiin oleh majalah-majalah dan surat kabar harian.
Iya.. dalam akun twitter nya namanya @69 (benzbara).
Tau dong Radio Galau FM yang udah di jadiin film, itu bukunya juga yang menulis kakak satu ini lho. Dan baru-baru ini bukunya yang Kata Hati katanya juga mau di bikin film. Waaah.. keren ya !!
Nah.. tadi pagi kakak @69 (benzbara) ini kasih beberapa tips, buat kamu yang pengen nulis.
Oke langsung saja.. Tips dari kakak Bara dengan hastag #nulis #disiplin #outline :)
 
 @69 (benzbara)
 
 
  1. Saya bicara dalam konteks novel ya. Karena tulisan dalam format ini yang sangat membutuhkan - sebab panjang.
  2. Sama kayak ngerjain skripsi (eaaa... Pasti banyak yg tersinggung), novel juga harus (1) Pasang target.
  3. Pasang target kamu ingin menyelesaikan novelmu kapan. Sebulan dari sekarang? Dua bulan? Tiga bulan?
  4. Perkara nanti target itu tercapai atau tidak, urusan belakangan. Yang penting kamu sudah punya patokan waktu.
  5. Dengan memiliki target, kamu otomatis akan berusaha mencapai target tersebut. Kamu punya goal, punya arah.
  6. Setelah pasang target waktu, pasang target halaman. Rata-rata novel 80-150 halaman. Kamu ingin setebal apa novelmu?
  7. Perkara nanti jadinya melenceng dari target, menjadi lebih tebal atau kurang, yang penting kamu punya target dulu.
  8. Misal novel kamu setebal 120 halaman A4. Kamu tiap hari cukup 2 halaman, 2 bulan novel kamu udah jadi.
  9. Beruntung kalau misalnya ada hari yang kamu bisa lebih dari 2 halaman, target kamu akan tercapai dengan lebih cepat.
  10. Saya menghukum diri saya untuk lebih banyak halaman, jika di hari sebelumnya saya tidak menulis sama sekali.
  11. Kebingungan di tengah jalan saat itu pasti. dan target itu lah yang memacu kamu untuk terus berpikir. |
  12. Kalau kamu nggak 'memaksa' diri kamu untuk membuat target dan mencapainya, saya tanya deh, kapan novel kamu mau kelar?
  13. Susah? Ya emang. Siapa bilang novel itu gampang.
  14. Kalau susahnya bikin kamu berhenti novel kamu, ya silakan. Kalau mau selesai, ya teruskan. Your choice.
  15. Mau ngikutin kehendak hati dan so-called-mood? Silakan. Kabarin saya kalau novelnya udah jadi ya. |
  16. Banyak yang ngeluh di tengah jalan suka bingung nentuin ending. Itu karena kamu nggak punya dasar cerita dan kerangka.
  17. Nah ini jadi loncat ke topik lain ya. udah cukup tadi, sekarang pindah ke kerangka novel, atau .
  18. "Bang, gue suka bingung nentuin ending gimana." ... "Bang, di tengah jalan suka bingung mau ke mana." - Kamu punya belum?
  19. Sebelum mulai sebuah novel, kamu bikin sinopsis dulu. Ringkasan cerita dari awal hingga akhir.
  20. Kalau sudah bikin sinopsis (yang isinya adalah ringkasan cerita hingga akhir) mestinya nggak bingung lagi endingnya gimana.
  21. Perkara nanti di tengah jalan kamu mau mengubah endingnya, nggak masalah. Yang penting kamu sudah punya patokan dulu.
  22. Setelah punya sinopsis, kamu 'pecah' sinopsis tersebut menjadi - Outline adalah ringkasan isi tiap bab. Kerangka.
  23. Dengan , cerita kamu menjadi lebih terarah, sistematis, dan meminimalisir kebingungan yang kamu keluhkan tadi.
  24. Secara singkat, adalah gambaran adegan tiap bab dalam bentuk poin-poin. Ini contoh sederhananya:  
  25. Ini adalah contoh lain dari  
  26. Ibarat tukang jahit, itu semacam polanya. Kamu sulit menjahit pakaian tanpa membuat polanya terlebih dahulu.
  27. Ibarat tubuh manusia, itu semacam kerangka, tulangnya. Tubuh kamu nggak akan bisa berdiri tegap tanpa tulang.
  28. Bahkan orang yang mengaku menulis dengan spontan pun, tetap membutuhkan atau kerangka cerita.
  29. Tidak memiliki itulah yang membuat kamu sering kehilangan arah dalam menulis novel.
  30. Jadi, tahap yg saya lakukan adalah: Membuat sinopsis >> memecahnya jadi poin-poin dalam >> menguraikannya jadi cerita.
 
 
 
Read More

Monday, November 5, 2012

What is Life?



Life = Hidup

Apa arti sesungguhnya hidup itu?
Bagi sebagian orang, hidup ya hidup. Cukup menjalani kehidupan sehari-hari, bergulat dengan permasalahan di hidupnya dan terus saja seperti itu hingga waktu sang Pencipta memanggil.
Tapi apakah hanya itu?
Esensi hidup sendiri, sebenernya gue juga belum tahu.
Sebenernya gue hidup untuk apa?
Kenapa gue hidup?
Kenapa Tuhan nyiptain gue?
Kenapa Tuhan nyiptain dunia ini?
Pernah suatu kali gue denger bahwa dunia ini diciptakan karna Adam dan Hawa, kalo nggak ada mereka, mungkin nggak bakal ada ini dunia.
Dan dulu waktu gue kecil pernah diceritain begini ..dulu Tuhan nyiptain Adam dan Hawa, mereka diciptain dari tanah sebagai seorang sepasang kekasih. Adam dan Hawa hidup bahagia di surga. Mereka boleh ngapain aja, makan apa aja, namun ada satu yang tidak boleh dimakan. Nah.. disitu ada satu makhluk ciptaan Tuhan yang iri sama mereka, yaitu Jin. Si Jin menggoda mereka buat makan salah satu itu, karna bujukan Jin yang sangat menggoda, akhirnya mereka makan salah satu itu, padahal sama Tuhan nggak boleh dimakan. Dan mereka akhirnya dihukum untuk turun ke Bumi, mereka dibuang ke Bumi tetapi tidak bersama pada satu tempat, tetapi ditempat yang terpisah. Sampai disini gue mulai mikir, kenapa kita nggak bisa nemuin jodoh kita segampang yang kita inginkan, ternyata nenek moyang kita pun begitu.. harus berjuang terlebih dahulu buat nemuain si jodoh itu.

Dan sebagai jomblo, gue ngerti banget gimana rasa susahnya nyari itu si jodoh. Harus ngerasain pedihnya ditinggal mantan, nyeseknya saat gebetan ternyata suka sama temen kita sendiri. Ngirinya saat malem minggu nggak ada yang ngajak jalan, saat bangun pagi yang cuma disapa sama kokoknya ayam.. ahh oke cukup. Semakin dibahas mungkin nggak bakalan selesai ini tulisan.

Kembali ke hakikat hidup, bagi gue hidup itu sangat berarti, hidup itu adalah kesempatan yang di kasih Tuhan buat kita dan nggak boleh disia-siain.
Mungkin gue dulu #baca=labil pernah ngerasa nggak adil dan ngadu sama Tuhan kalo Tuhan itu pilih kasih. Mereka selalu dikasih apapun yang mereka pengen dan gue nggak.
Kenapa hidup gue harus seperti ini?
Kenapa Tuhan nggak nyiptain gue sama kayak mereka?
Yah.. sejujurnya gue malu kalo inget tingkah sikap gue dulu.
Ah.. tapi itu masa lalu, karena masa lalu bakalan gue kenang sebagai pelajaran berharga dalam hidup gue yang sekali ini. Dan karena masa lalu juga, gue bisa jadi diri gue yang sekarang dan pemikiran gue juga karena pengalaman dan pelajaran di masa lalu.
Mereka emang bener, bahwa Tuhan itu nggak bakal kasih cobaan diluar kemampuan hambanya.
Dan buktinya.. gue sampai saat ini masih bisa melalui itu semua.. tergantung kamu bagaimana cara menyikapinya.
Yah.. walaupun dalam prosesnya butuh ketegaran yang extra dan jujur saja gue itu cengeng. Alhasil mungkin menangislah yang pertama gue lakuin setiap ada masalah.. tapi bukan menangis aja, tetep cari solusi buat masalah-masalah itu.

Karena terkadang kamu harus luapin semua perasaan kamu, barulah kamu bisa cari setiap solusi dan permasalahan di hidup kamu.

Read More

Friday, November 2, 2012

Bagaimana Kabarmu?


Kau disana sedang mengejar asamu
Kita telah lama tak saling bertemu
Bagaiman kabarmu?
Aku rindu senyum kekhasanmu, rindu celoteh jenakamu..
Apakah jika nanti kau kembali kau akan tetap seperti dulu?
Ataukah kau akan berubah karena telah kau dapatkan impianmu?
Kita berbeda..
Jika sekarang kau telah dapat menggenggam cita-citamu
Kini aku sedang berusaha keras untuk meraih cita-citaku
Menggapai setiap impian, setiap hal yang aku bisa dapatkan
Yah. Aku sedang berusaha.
Meski nanti takdir tak akan menemukan kita
Tapi setidaknya kita telah tahu
Bahwa kita saling merindu...
Read More

Perahu Kita


Ah.. Luka itu lagi..
Seharusnya aku mendengar otak ini bicara..
Bukan hati yang meronta
Tak sepantasnya kita ulang cerita itu lagi
Bukankah kita sama-sama tahu..
Cerita itu, kini telah berlalu bersama perahu yang kita hanyutkan bersama.
Kau ingin memulai cerita kita bersama lagi?
Namun, apa bisa perahu itu kau kembalikan lagi..
Benar, ini tak akan mudah
Kerikil tajam telah menancap di kakiku..
Dan aku susah untuk berjalan.. apa bisa kau menuntunku?
Ingatlah, bukan hanya aku yang terluka disini..
Tapi dia-mu telah menunggu..
Read More
Powered by Blogger.

Translate

My photo

semua berawal dari mimpi, semua berakhir dengan mimpi.

Blog Archive

Teman